No Copy


No Right Click

Saturday, September 5, 2015

Cara Mudah Membackup Foto Di Google Dengan Picasa

Mungkin semua orang mengenali dan menggunakan Google Foto untuk menyimpan photo secara online dan bisa diakses dimana saja melalui internet. Ya, Google Foto merupakan suatu tempat untuk semua foto anda, teratur dan mudah ditemukan. Upload otomatis dari semua perangkat anda, bisa dari laptop, andoid atau perangkat apple lainnya. Candangkan dan lihat foto sepanjang masa disemua perangkat anda. Hasil Edit dibuat setelah muncul disemua perangkat anda.

Dapat ditelusuri dan diatur secara otomatis. Lihat semua foto anda dan diatur menurut orang, tempat dan berbagai hal. Telusuri menurut hal-hal yang anda ingat tentang foto dan tak perlu deskripsi. Edit, upload dan bagikan ke orang-orang yang anda kenali. Sudah lama saya menggunakan aplikasi ini, hari ke hari google terus memperbaikinya menjadi lebih baik dan mudah untuk digunakan oleh semua orang.



Contohnya diatas, ini beberapa foto yang pernah saya upload di 2011. Masih tersimpan dengan rapih dan aman. Ini adalah aplikasi untuk netter bukan untuk photographer. Jadi kita tidak untuk membandingkan aplikasi gratis ini dengan aplikasi berbayar seperti Photoshop atau yang lainnya. 

Aplikasi untuk ini adalah "PICASA" dengan picasa anda bisa melakukan hal yang mudah untuk melakukan edit foto seperti  pengaturan pencahayaan, croping, resizing (mengubah ukuran photo), exporting, retouching, contrast, auto color, bahkan straighten jika foto terlihat miring dan akan di luruskan bisa menggunakan software ini. Atau mau membuat title di foto tau membikin menjadi foto hitam putih, blur dan lain-lain. Tools sederhana telah ada di software ini.

Aplikasi picasa ini bisa diunduh secara gratis dari google dan bisa dijalankan di Windows dan Mac OSX.


Selain membuat judul album sesuai dengan keinginan kita, software ini secara otomatis akan melakukan face detection, semua croping wajah pada photo yang ada di komputer kita akan dikumpulkan. Fungsi lain yang sangat menarik yaitu anda bisa langsung melakukan upload ke Google Photo dengan login terlebih dahulu tentunya, atau mau mengirimkan ke email, mau di print dan bahkan Geotagging, jika photo atau kamera yang anda gunakan ada GPSnya secara otomatis foto anda akan terlihat dimana diambil foto tersebut. Atau mukin anda pengen tahu exif file yang ada di foto tesebut untuk mengetahui lebih detail data yang ada didalam foto tersebut.

Dengan picasa anda juga bisa mengkombinasikan photo sehingga menjadi sebuah slide menyerupai film, bisa menambahkan audio yang anda inginkan dan menguploadnya ke Youtube dengan sangat mudah. People manager, upload ke blog dengan cara yang mudah bahkan mengcopy photo menjadi sebuah CD yang akan diberikan sebagai hadiah buat teman ada, sangat mungkin hal itu dibuat oleh software ini. Google menyediakan space gratis 15GB dan selanjutnya terserah anda bisa meningkatkan quotanya dengan berbayar.

Selain itu, dengan Picasa anda bisa melakukan import foto dari semua perangkat di luar laptop. Contohnya dari kamera langsung, SD Card, atau perangkat handphone sekalipun. Dengan mengklik tombol Import. File foto yang ada diperangkat anda diluar laptop akan terbaca, jadi tinggal pilih photonya bisa di copy, import ke folder sesuai keinginan anda.

Langkah yang harus dilakukan jika kita akan membackup foto-foto ini di google photo dengan Picasa.

  1. Pastikan anda mempunyai Google Account valid. Gampangnya anda mempunyai email di google.
  2. Download software Picasa ini, klik link di bawah ini.
  3. Kemudian lakukan installasi picasa ini dan ikuti pentunjuk yang muncul pada saat installasi.
  4. Baca dan pilih-pilih foto yang ada di laptop untuk di upload (syncronisasi).
  5. Tandai album tersebut dan klik tombol syncronisasi dibagian atas album/folder foto anda.
  6. Kemudian, tentukan siapa saja yang boleh mengakses foto ini. Pastikan jangan di publish untuk public. Pilih user, rekan atau keluarga saja. 
  7. Semua aktifitas ini, tentunya harus ada jaringan internet dirumah kita. Lebih kenceng internetnya lebih cepat proses upload tersebut.


Menarik bukan?..... SELAMAT MENCOBA..!

Silahkan anda download aplikasi Photo Gratis ini dan Pelajari lebih dalam diwebsitenya Klik Disini!


0 comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk mengisi komentarnya.

# # # #