No Copy


No Right Click

Monday, September 14, 2015

Cara Mencegah Penipuan Lewat Facebook (Cara Setting Keamanan di Facebook)

Hi sahabat netter Indonesia dimanapun anda berada.. hari ini kita digegerkan dengan berita "Penipuan lewat Facebook", sebagian berita terupdate hari ini muncul di TV nasional. Beberapa situs berita hari ini ada yang membahas masalah ini.

Baca di bawah ini:
http://news.analisadaily.com/read/polda-metro-tangkap-wna-kasus-penipuan-lewat-facebook/170367/2015/09/13

http://wartakota.tribunnews.com/2015/09/13/wanita-ini-gadaikan-80-pintu-kos-kosan-ke-rentenir-demi-facebook

Source Image: Wartakota.com

Seperti yang diberitakan oleh detik hari minggu kemarin.

detikNews - Jakarta, Polda Metro Jaya mengungkap kasus penipuan melalui situs jejaring sosial facebook. Warga negara asing yang jadi pelaku penipuan berhasil ditangkap.
"Hari ini atas perintah Kapolda, kami ungkap kejahatan besar yang menembus Jakarta dan Indonesia dilakukan WNA semuanya, ada 9 WNA. Ini penjahat asing sudah menyerbu Jakarta dan Indonesia," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya, Krishna Murti saat rilis kasus di Mapolda Metro Jaya, Minggu (13/9/2015).
Para penipu yang menggunakan akun Facebook palsu menurut Kombes Krishna mulanya mengajak korbannya berkenalan dengan mengirimkan pesan.
"Setelah kenal, diajak ketemu. Setelah ketemu pelaku sampaikan untuk bisnis dolar yang katanya ada cap United Nations atau PBB. Korban dijanjikan uang ini dengan harga Rp 66 miliar," sambungnya. 
Penipu memperdaya korbannya dengan meminta menyetorkan uang secara bertahap. "Korban diminta setor terus, korban satu orang rugi Rp 800 juta," ujar Kombes Krishna.
Ada tiga orang pelaku yang ditangkap yakni Jackson alias Gabriel (41) warga negara Nigeria (41),John K Obioma (36) WN Nigeria, dan satu orang tersangka WN Gambia. (fdn)


Bagaimana Cara Mencegah Penipuan Lewat Facebook ?

Ada hal dasar yang sudah kita ketahui bersama bahwa "Situs jejaring sosial facebook, twitter, path dan lain sebagainya adalah situs penyedia jasa media sosial Gratis", situs ini merupakan sebuah media atau alat yang kita gunakan sehari-hari untuk berbagi informasi dengan netters. Facebook tercatat sebagai jejaring media sosial yang paling banyak usernya didunia. 

Kita sebagai user di facebook sudah terbiasa untuk berbagi informasi. Yang diharapkan sih informasi yang baik dan positif yang kita share. Tetapi seiring waktu berjalan banyak orang-orang jahat mengintai, memanfaatkan kesempatan ini karena berawal melihat informasi tentang diri kita yang terlalu "vulgar" diranah publik tanpa memfilternya. Jadi pintarlah dalam menggunakan media ini. 

Dengan pengalaman yang ada facebook ini, pada dasarnya selalu diimprove untuk meningkatkan sistem keamananya. Disini kita perlu tahu dan mengerti bagaimana mengatur sistem keamanan di Facebook "PRIBADI" ini. 

  1. Pelajari Setting Keamanan yang disediakan di facebook. Lakukan setting yang proportional dan cermati. Lihat caranya dibawah ini.
  2. Mohon tidak memposting hal-hal yang menyangkut privasi di ranah publik.  Contohnya, alamat email, alamat rumah, no telp, tanggal lahir lengkap bahkan foto-foto pribadi. Jadi pintar-pintarlah menentukan kategori informasi apa yang akan dibagikan ke umum dan informasi yang harus dibagikan ke teman atau kerabat dekat.
  3. Buat User Group untuk Teman-Teman Kita. Buatlah user group sesuai dengan kategori yang anda inginkan. Contohnya anggota keluarga, teman kantor, teman dikampung dan relasi kerja ataupun orang tak dikenal. Dengan membuat user group ini anda bisa menentukan berita atau informasi apa yang akan diposting dan buat siapa? Ini penting.... Lakukan user blocking jika seandainya ada sesuatu yang mencurigakan dari account yang tak dikenal atau user seorang teman tapi dirasa ada satu kelainan. Bantu report ke Facebook untuk memantaunya.
  4. Password akses harus selalu diperbaharui secara berkala. Pastikan anda mengerti bagaimana membuat suatu password yang tahan terhadap serangan hacker atau orang yang tidak bertanggung jawab atau orang yang akan berniat jahat. Jangan beritahu siapapun password anda termasuk keluarga terdekat. 
  5. Jaga Selau Akal Sehat, Jangan tergiur dengan tawaran dan iming-iming seseorang untuk bisnis atau yang menyangkut uang. Jikapun kita diajak bertemu pikirkan apakah tawarannya itu masuk akal atau tidak, dan perlu dipastikan jika ada pertemuan diluar facebook pastikan anda pergi menemuinya dengan membawa seorang teman (saksi) jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi.
  6. Logout setelah selesai menggunakan facebook dan pastikan clean jika anda mengakses facebook di komputer publik, seperti di warnet, di bandara, di hotel, di mall. Sebaiknya hindari menggunakan komputer publik jika tidak penting.
  7. Pasang sistem security di komputer atau handphone yang anda gunakan. Anda bisa menggunakan antivirus, anti phishing, anti spammer. Baca artikel: Antivirus terbaik 2015.
Inilah langkah awal yang harus kamu ketahui di Facebook bagaimana mensunting (mensetting) Sistem Keamanannya.

Klik tanda kunci gembok dikanan atas situs facebook, kemudian akan muncul seperti gambar ini. Ikuti seperti no. 1, 2, 3 diatas dan baca dengan teliti bagian ini.

Atur kiriman anda, janganlah selalu memposting untuk publik. Pilih dan tentukan siapa yang anda perbolehkan untuk melihat kiriman ini.

Jika anda menjalankan suatu aplikasi dari Handphone yang terkoneksi ke Facebook. Pastikan hanya anda saja yang bisa melihat log aktifitasnya. Ini sangat rawan disusupi orang jahat.

Janganlah mempublis hal pribadi anda ke ranah publik jika ditidak diperlukan, biarlah hanya anda sendiri yang tahu, keluarga dan teman terdekat. 

Klik lebih detail tentang sistem keamanan ini dengan mensunting semua sistem keamanan yang disediakan oleh facebook. Jangan anggap remeh hal ini.
Demikianlah penjelasan singkat mengenai salah satu cara untuk menghindari dan mencegah penipuan lewat facebook.

Jika sahabat ada yang mau menambahkan silahkan tulis dikolom komentar di bawah ini.
Terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk mengisi komentarnya.

# # # #