No Copy


No Right Click

Sunday, September 6, 2015

Software Kompresi Zip Gratis (7-Zip)

Mengirim dan menerima file yang besar, Ini sesuatu yang kita butuhkan untuk dilakukan. Meskipun seperti layanan Cloud Storage seperti Dropbox dan Google Drive tidak dapat menggantikan kenyamanan dan kecepetan dalam mengirim email. Seperti yang banyak kita ketahui bahwa banyak ISP memberikan layanan email dengan sangat ketat dan terbatas karena menerima atau mengirim email dengan isi file yang besar. Untuk memperkecil besar file tanpa kehilangan data penting, kita menggunakan sofware kompresi dan menyatukannya dalam format ZIP.

Jika kita punya uang tidak bermasalah karena kita bisa membeli software kompresi berbayar seperti WinZip atau WinRAR. Mereka menjualnya sekitar $30. Berutung dengan membeli aplikasi ini bukan saja kamu akan mendapatkan opsi yang baik dan mendapatkan software kompresi yang anda inginkan. Disana banyak software alternative yang fantastic dan gratis, dan beberapa open source.

Untuk mengkomparasi alternative aplikasi ini, merujuk ke Mark O'Neil yang membahasnya di situs www.pcworld.com. Dia melakukan uji coba kelima software zip gratis tersebut dengan mencoba mengkompresi file yang besarnya sekitar 30MB. Dengan WinZip file tersebut bisa menjadi 26MB, tetapi file tersebut masih terlihat besar. Kemudian mencobanya dengan WinRAR dan hasil kompresinya lebih baik filenya bisa menjadi 14.3MB.

Sekarang kita akan lihat bagaimana altenative aplikasi zip yang Gratis ini.

7-Zip

7-Zip sebagaimana kita ketahui bersama, aplikasi ini merupakan open-source dan banyak orang menggunakannya karena bekerja baik dan hampir semua orang merasakannya, dan cukup untuk baik dari desain yang dibuatnya. 


Dari hasil percobaannya, berawal dari file 30MB setelah dikompressi menjadi 25.8MB dengan format ZIP, setelah dilakukan opsi lain dengan format kompresi 7Z file menjadi 22.1MB.
7-Zip dilengkapi dengan enkripsi data yang kuat, serta didalamnya disertakan password-proteksi. Dan juga ini teritegrasi dengan Windows Explorer, dengan melakukan klik kanan menu, kita secara langsung dapat melakukan proses kompresi file apapun dengan hanya mengklik mouse. Ada juga yang versi command line. Pada saat melakukan kompresi 7Z ini memakan waktu sekitar 2 menit, jika dibandingkan dengan format ZIP hanya membutuhkan 15 detik dengan kompresi file yang lebih besar.

Jika anda ingin mengunduhnya silahkan Klik Disini!

Beberapa aplikasi Zip gratis ini antara lain.

PeaZip

Hamster Free Zip Archiver

Universal Extractor

ZipItFree

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk mengisi komentarnya.

# # # #