No Copy


No Right Click

Saturday, September 5, 2015

Membangun Local Server Untuk Foto Studio - Bagian 1.

Bisnis fotografi merupakan bisnis yang menjanjikan di era modern dan digital ini. Namun sejalan dengan percepatan perkembangan teknologi komputer dan fotografi semakin hari bisnis semakin besar, kadang kita menemukan kesulitan bagaimana mengelola file photo yang ada dan terpusat sehingga memudahkan untuk di kontrol, di maintenance, di backup. Bahkan sangat mungkin jika kostumer kita mau melihat hasil fotonya bisa langsung dishare di studio kita dengan menggunakan laptop, tablet ataupun handphone sekalipun.


Nah, pertanyaannya sekarang bagaimana membangun sebuah komputer server untuk foto studio?
Mari kita bahas secara bertahap satu persatu.

Skill

Pastikan anda menguasai bagaimana membangun sebuah Jaringan Komputer minimal untuk kantor kecil dengan PC client tidak lebih dari 20 orang.

Hardware

Cara konvensional tapi tidak butuh biaya mahal, PC server bisa dibangun dari mulai yang sederhana hingga high end. Tergantung berapa budget yang kita punyai. Saya ambil contoh hardware yang mendukung untuk server bisa menggunakan Standard PC Desktop yang ada dipasaran dengan spesifikasi hardware sebagai berikut:

  1. Processor min. AMD atau Intel Core Duo.
  2. RAM Min 4GB
  3. Harddisk minimal 2 TB bisa diextend sesuai dengan kemampuan PC Mainboardnya.
  4. VGA standdar 512MB sudah cukup.
  5. Router Switch, Minimal for small bussines. Bisa di cek disini untuk pemilihan routernya.
  6. Kabel Ethernet dan UTP Socket sesuai kebutuhan
Bisa menyimak video dari youtube ini, buat nambah wawasan kamu.



Kalau diluar sana, bisnis server untuk photography memang sudah dari dahulu. Jadi sangat terlihat bagaimana bangsa yang maju membuat suatu bisnis di core ini.

Kalau ribet dan pengen yang simple langsung pake NAS Server dari Synology atau anda pengen beli yang paling gampang ada di bhinneka.com.

Software

Pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana membangun server dengan OS opensource UBUNTU dan menggunakan NAS (lebih simple), trennya kalau diluar negeri pake ini..
https://www.synology.com/en-us/dsm/5.2/live_demo Bisa dilihat bagaimana kemampuan dari NAS Server sebagai central penyimpanan data untuk photography.








Di Indonesia sudah ada 3 PT yang menjual perangkat ini. Dibaca saja lebih detail di websitenya.

Cara lain yang ekonomis dan sembari belajar, berikut videonya bagaimana konfigurasi web server di ubuntu untuk home network.



Bersambung....

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk mengisi komentarnya.

# # # #