No Copy


No Right Click

Saturday, September 5, 2015

Bagaimana Cara Print Screen di Mac OSX ?


Apa yang kamu ketahui tentang "Print Screen"? kalau di windows kita kenal dengan sebutan screen captures atau screen shots di Mac OSX. Dan sebagaimana kamu ketahui di Mac OSX tidak ada tombol Print Screen di keyboard, karena keyboard mac yang simple dan dirasa tidak perlu ada tombol ini.

Didalam Mac OSX, ada beberapa kombinasi tombol di keyboard untuk melakukan screen shots ini, kombinasi tombol ini merupakan shortcuts untuk melakukan action atau tampilan gambar di screen/display yang anda ambil.

Bagaimana Print Screen untuk menyimpannya dalam bentuk file di Destop Mac OSX.


  • Command+Shift+3: Kombinasi ketiga tombol di keyboard mac tersebut untuk mengambil atau membuat screen shots full screen (atau screen jika ada beberapa monitor sekaligus) dan akan secara otomatis filenya tersimpan di desktop.
  • Command+Shift+4: Kombinasi ketiga tombol di keyboard mac tersebut untuk mengambil screenshot berdasarkan area yang anda inginkan (spesifik area) dan akan secara otomatis filenya juga tersimpan di desktop.
  • Command+Shift+4, Spacebar dan klik windows: Kombinasi tombol ini untuk mengambil screenshot hanya dari windows dan secara otomatis akan filenya akan tersimpan di desktop.

Bagaimana Print Screen untuk disimpan di Clipboard di Mac OSX dan kemudian Paste di aplikasi lain, contohnya di MSWord, Photoshop atau yang lainnya.

  • Command+Control+Shift+3: Kombinasi tombol ini akan mengambil print screen secara keseluruhan dan menyimpannya di Clipboard kemudian kamu bisa paste dimana saja sesuai dengan keinginan.
  • Command+Control+Shift+4, kemudian tentukan areanya: Kombinasi ini akan mengambil print screen pada area yang anda inginkan dan akan menyimpannya di Clipboard kemudian kamu kamu bisa paste dimana saja sesuai dengan keinginan.
  • Command+Control+Shift+4, kemudian space, tentukan areanya: Kombinasi ini akan mengambil print screen pada area yang specifik yang anda inginkan dan akan menyimpannya di Clipboard kemudian kamu kamu bisa paste dimana saja sesuai dengan keinginan.

Selamat mencoba...

Ada cara lain untuk melakukan print screen di Mac OSX ini, anda bisa menggunakan software Skitch. Bisa di unduh gratis di Apple Store. Nanti kita akan bahas di artikel selanjutnya.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih untuk mengisi komentarnya.

# # # #